Kopi Hijau (Green Coffee) dan Manfaatnya

images-green Coffee hlindoGreeen coffee atau kopi hijau merupakan biji kopi yang tetap mempertahankan asam klorogenat  dibandingkan kopi hitam yang lebih mengandalkan kafein. Cara  memperatahkan asam klorogenat adalah dengan perlakuan   roasting yang tepat dan sesuatu standar.

Asam klorogenat dipertahankan karena asam klorogenat ini memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan terutama untuk membakar lemak, bahkan Dr. Oz pada 2012. Dalam TV Swasta berucap:

” Kopi hijau dapat membakar lemak dengan cepat tanpa olahraga tambahan.”

Selain untuk pembakar lemak, biji kopi hijau juga banyak dikonsumsi  orang untuk mengobati diabetes, obesitas, hipertensi, Alzheimer, dan infeksi bakteri.

Manfaat Minum Kopi Hijau

Biji kopi hijau telah menunjukkan banyak manfaat kesehatan yang didasarkan pada banyak studi ilmiah. Komponen utama kopi hijau yang memberi manfaat adalah kafein yang rendah dan asam klorogenat, diantara manfaatnya adalah:

1. Menurunkan berat badan

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan Maret 2006 di BMC Complementary and Alternative Medicine,  biji kopi hijau dapat mengurangi lemak tubuh dan berat badan, serta komposisi lemak di hati pada tikus. Pada penelitian tersebut terlihat kafein dan asam klorogenat sebagai senyawa utama untuk menurunkan berat badan.  Asam klorogenat yang terdapat pada kopi hijau dapat dicerna dan diserap oleh manusia.

2. Menurunkan darah tinggi

Selain fungsinya untuk menurunkan berat badan, asam klorogenat pada kopi hijau juga dapat mengurangi tekanan darah. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2006 di Clinical and Experimental Hypertension menunjukkan bahwa pasien yang mengonsumsi 140 mg biji kopi perhari menunjukkan penurunan tekanan darah. Selama ini, belum ada efek samping yang dilaporkan oleh pasien, sehingga kopi hijau dapat kita sebut sebagai cara yang aman untuk membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

3. Meningkatkan mood dan kinerja kognitif

Kafein dengan kadar yang rendah yang ada dalam kopi hijau memiliki efek yang positif pada suasana hati dan juga pada aktivitas otak Anda. Menurut penelitian yang dipublikasikan pada bulan Februari 2008 di Nutrition Bulletin, beberapa studi telah mengonfirmasi bahwa kafein dapat meningkatkan reaksi waktu, kewaspadaan, memori, kewaspadaan, fokus, ketahanan tubuh, dan berbagai faktor lain dari kinerja kognitif. Peneliti menemukan bahwa asupan optimal kopi hijau adalah antara 38-400 mg per hari atau menjadi sekitar ⅓ cangkir untuk empat cangkir kopi seduh.

4. Merupakan antioksidan

Biji kopi hijau mengandung beberapa zat antioksidan, yang dapat mengurangi efek radikal bebas yang dapat merusak sel dalam tubuh. Fungsi pencegahan ini membuat Anda lebih sehat dengan mengurangi jumlah kerusakan sel-sel tubuh Anda. Menurut penelitian yang diterbitkan pada bulan Juli 2004 dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, antioksidan asam klorogenat dalam biji kopi hijau dapat mencegah perkembangan empat jenis sel kanker, sehingga hal tersebut menunjukkan bahwa kopi hijau juga dapat mencegah beberapa jenis kanker juga sebagai  detoksifikasi organ hati/ detox live.

Varian Kopi Hijau

Bubuk Kopi Hijau bijiBiji

Kopi Hijau kapsulKapsul

Kopi Hijau Celup

Kopi hijau celup


img_20161108_163746