Sekilas Kopi Umbaran

Biji kopi umbaranKopi  Umbaran ini merupakan jenis Kopi Jawa (Javanesse Coffee). Dimana kata UMBARAN adalah diambil dari bahasa Jawa Lokal kab. Kendal terutama desa Sukorejo yang memiliki arti “Pembiaran“ atau Dibiarkan. Artinya pohon kopi umbaran adalah kopi yang tumbuh tanpa perawatan manusia, tanpa pemupukan, tanpa pengobatan kimia misalkan tanpa penyemprotan pestisida dan pohon tumbuh menjuang tinggi hingga 6 meter.

Sejarah adanya kopi Umbaran adalah sejak jaman kolonial yang awalnya mencanangkan politik dagang, lambat laun kopi ini menyebar terutama di daerah pegunungan.

Ciri utama kopi umbaran adalah daun lebar lebih bulat dengan jenis biji butiran kopi kecil. Lebih kecil dari jenis kopi robusta atau yang lainnya

Kopi umbaran ini karena tumbuh secara alami dan dan tumbuh di hutan sehingga merupakan jenis kopi Organik karena tanpa sentuhan pupuk atau bahan kimia lainnya.

Pemetikan kopi umbaran ini dilakukan secara tradisional yang dipetik dari biji yang dipetik pada jadwal waktu semesteran. Yaitu 6 bulan sekali

Jenis kopi umbaran ini saat ini mulai langka karena tidak dibudidayakan oleh petani tapi dibiarkan tumbuh alami. dan hanya ditemui di daerah-daerah tertentu. Saat ini, walau tidak banyak, bisa ditemui di lereng gunung praoe terutama di desa-desa di kecamatan Sukorejo kab. Kendal dan desa-desa wilayah kab. Temanggung Jawa Tengah yang memiliki ketinggian di 800 dpa hingga 1300 dpa.

Jenis kopi Umbaran ini memiliki keunggulan dibanding kopi yang dibudidayakan, Keunggulan diantaranya:B

  • Biji kopi yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik karena dipastikan umur kopi berumur puluhan tahun
  • Biji lebih kecil dan padat
  • Memiliki kadar asam klorogenat tinggi dan kafein sedikit rendah
  • Biji kopi organik karena tidak melalui penanganan media sintentis (tanpa pupuk kimia atau penyemprotan pestisida kimia)
  • Rasa kopi Hijau manis alami atau tidak pait

Varian Kopi Hijau

Bubuk Kopi Hijau bijiBiji

Kopi Hijau kapsulKapsul

Kopi Hijau Celup

Kopi hijau celup


img_20161108_163746