3 (Tiga) Tanaman Penyembuh Jantung Koroner

Jantung koronerPenyakit jantung koroner (PJK) merupakan jenis penyakit yang paling umum dari penyakit jantung dan penyabab kematian tertinggi bagi pria maupun wanita di dunia. Data dari pusat pengendalian dan pencegahan penyakit Amerika menyebutkan penyakit ini telah membunuh lebih dari 370.000 orang setia tahunnya.

Penyakit Jantung Koroner adalah penyakit dimana detak jantung seseorang bermasalah, tidak berjalan sebagaimana semestinya. Ini dikarenakan otot jantung mengalami kerusakan yang disebabkan karena kekurangan oksigen. Ini artinya Penyakit jantung koroner terjadi ketika pembuluh arteri yang memasok darah ke jantung mengeras dan menyempit akibat penumpukan kolesterol dan zat lainnya atau lebih dikenal dengan plak. Ketika plak semakin menumpuk dan menyumbat aliran darah, jantung tidak mendapatkan pasokan drarah, oksigen dan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan jantung untuk berfungsi secara normal.

Terjangkitnya seseorang dengan penyakit jantung koroner ini tidak serta merta, karena PJK merupakan penyakit degeneratif dalam arti penyakit jantung koroner membutuhkan waktu yang lama dalam proses pembentukan dan penumpukan plak di pembuluh arteri.

Ada tanda-tanda dimana seseorang telah terserang PJK diantaranya : Nyeri dada (angina), dan Sesak napas.

Jika seseoran telahbterdiagnosa terkena PJK sudah seharuanya segera diobati karena jika berlarut-larut tanpa penanganan pengobatan maka bisa terjadi komplikasi diantaranya: Nyeri dada (angina), Serangan jantung, Ketidakmampuan jantung untuk memompa darah (gagal jantung), Irama denyut jantung yang abnormal (aritmia).

Pengobatan PJK bisa dilakukan secara medis dengan kunjungan ke dokter yang biasanya disarankan untuk mengkonsumsi Obat penurun kolesterol, yang dirancang untuk mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL), Obat pengencer darah seperti aspirin yang berfungsi untuk mengurangi risiko penggumpalan darah, Nitrogliserin untuk mengontrol nyeri dada berkerja membersihkan penyumbatan di areri koroner, Angiotesin converting enzyme (ACE) dan angina receptor bloker (ARB) untuk menurunkan tekanan darah.

Pada kasus tertentu penyakit jantung koroner memerlukan penanganan yang lebih serius seperti pemasangan ring pada arteri koroner, angiopati atau operasi bypass arteri koroner yang tentunya membutuhkan biaya yang sangat banyak. Ring yang dipasang bertujuan untuk membuka arteri yang menyempit dengan tujuan untuk meningkatkan aliran darah.

Penderita PJK juga diharuskan merubah gaya hidup seperti: Berhenti merokok, Makan makanan yang sehat, Berolahraga secara teratur, Menurunkan berat badan, dan Mengurangi stres

Selain pengobatan medis ada juga pengobatan secara herbal menggunakan tanaman alami. diantaranya :

Bawang Putih Tunggal (Bawang Lanang)

Bawang TunggalBawang putih tunggal sebenarnya adalah bawang putih tetapi memiliki siung tunggal, dimana kandungan kimia bawang lanang memiliki khasiat lebuh sebagai pengobatan dan pencegah hipertensi, stroke, tuberkolusis, dan penyakit lain seperti diare, pencegah jantung, dan juga sebagai stamina tubuh serta obat kuat (afrodisiak) adalah dihasilkan salah satunya adalah dari minyak asiri yang memiliki kekuatan sebagai anti bakteri dan anti-septik, juga zat alisin sebagai zat anti biotik alami. Zat kandungan kimia bawang lanqng per 100 gram pada umumya mengandung:
1. Sulfur (68 – 128 gram)
2. Kalori (95,0 – 124 kal
3. Air (64,1 – 72,0 gram)
4. Lemak (0,2 – 0,3 gram)
5. Protein ( 4,5 – 7,2 gram)
6. Fosfor (16 – 122 gram)
7. Fe (1,4 – 1,7 gram)
8. Karbohidrat (23,4 – 25,8 gram)
9. Kalsium (28 – 46 gram)
10. Kalium (346 – 382 gram)
11. Vitamin (A, B, dan C)

Bawang lanang juga memiliki zat scordinin dalam bawang putih tunggal meningkatkan kekebalan dan stamina tubuh. Zat saltifine merangsang pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Silenium, enzim anti oksidan yang mencegah dan memperbaiki sel tubuh yang rusak. Sinergi empat zat antara alisin, scordiin, saltifine dan salenium menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Serta Bawang lanang memiliki zat antioksidan yang mampu memerangi penyakit jantung koroner.

Anda dapat mengkonsumsi bawang lanang dengam cara dibuat asinan atau konsumsi kemasan praktis berupa kapsul bawang lanang.

Temu Giring

TemugiringTemu Giring atau nama latinnya Curcuma heyneana Val. & V
bisa juga dikonsumsi secara rutin paling tidak sehari sekali dan baik untuk kesehatan jantung dikarenakan memiliki kandungan kimia antara lain: kurkumin, minyak astiri, saponin, dan flavonoid khasiat dan manfaat dari temu giring adalah untuk mengatasi perasaan tidak tenang atau cemas, jantung berdebar-debar.

Selain manfaat di atas temu giring juga populer dimanfaatkan sebagai obat untuk kecantikan yang dikenal sebagai lulur yang bermanfaat untuk menghaluskan kulit, dan banyak manfaat lainnya bagi masyarakat yang peduli terhadap kesehatan, seperti obat cacingan baik cacing kremi ataupun cacing gelang, sembelit, disentri, haid tidak teratur, rematik, menambah nafsu makan, meningkatkan stamina, berat badan anak-anak menurun, menghaluskan kulit, jerawat.

cara penggunaan bila untuk pemakaian luar dapat menggunakan temu giring secukupnya, dihaluskan lalu dibalurkan pada bagian yang sakit. Sedangkan untuk pemakaian dalam, gunakan 5-20 gram temu giring direbus dengan air secukupnya lalu disaring dan airnya diminum selagi hangat, atau dengan kemasan praktis yang sudah berupa kapsul temu giring

Daun sukun

Daun sukunTanaman sukun, atau dikenal dengan bahasa ilmiahnya : Artocarpus altilis (Parkinson) Fosberg atau juga Artocarpus communis Forst, Artocarpus Incisa Linn, atau Artocarpus Altilis.

Tanaman Sukun ini selama ini dikenal dengan buahnya untuk dikonsumsi setelah digoreng, direbus, dibuat keripik, maupun tepung setelah dilakukan fermentasi.
.
Dibalik kenikmatan buahya ternyata tanaman sukun memiliki khasiat obat terutama pada DAUNnya. Dimana khasiat daun sukun terutama untuk memperkuat jantung dan ginjal.

Khasiat tersebut secara empiris dikarenakan daun sukun mengandung beberapa zat berkhasiat seperti asam hidrosianat, asetilcolin, tanin, riboflavin, dan sebagainya. Zat-zat ini menurut penelitian mampu mengatasi peradangan dalam tubuh kita.

Disamping itu daun sukun memiliki flavonoid yang khas, uji khasiat daun sukun menunjukkan efek penurunan kadar kolesterol darah dan akumulasi lemak pada dinding pembuluh darah aorta pada mencit di laboratorium. Studi in vitro juga menyimpulkan, daun sukun efektif melindungi jantung dari serangan iskemik akut.

Kelebihan dari daun sukun ini setelah diuji toksisitas menunjukkan TIDAK DITEMUKAN EFEK SAMPING TOKSIN dan tidak memengaruhi fungsi jantung, ginjal dan hati, maupun profil hematologi.
Jadi Daun sukun ini sangat aman dikonsumsi manusia untuk memperkuat jantung dan ginjal. Cara mengkonsumsi juga cukup mudah bisa dengan cara merebus atau dengan seduhan teh celup daun sukun atau bentuk kapsul daun sukun.

 

ARTIKEL LAINNYA

APA ITU KOLESTROL?

kolestrol intiherbal.web.idKolesterol adalah senyawa lemak kompleks, yang 80% dihasilkan dari dalam tubuh (organ hati) dan 20% sisanya dari luar tubuh (zat makanan) untuk bermacam-macam fungsi di dalam tubuh, antara lain membentuk dinding sel.

Kolesterol yang berada dalam zat makanan yang kita makan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Tetapi, sejauh pemasukan ini seimbang dengan kebutuhan, tubuh kita akan tetap sehat. Kolesterol tidak larut dalam cairan darah, untuk itu agar dapat dikirim ke seluruh tubuh perlu dikemas bersama protein menjadi partikel yang disebut Lipoprotein, yang dapat dianggap sebagai ‘pembawa’ (carier) kolesterol dalam darah .  Selanjutnya

Hipertensi (Darah tinggi) Kenali Gejalanya

Tensi darahDarah tinggi atau hipertensi diistilahkan dengan “Sillent Killer”, karena gejala fisik secara umum tidak nampak tapi berpotensi sangat merusak bagi sistem tubuh secara keseluruhan. Banyak orang tidak tahu tekanan darah. Selanjutnya

 

 

MENGENAL STROKE

StrokeStroke adalah gangguan saraf otak yang disebabkan oleh kerusakan pembuluh darah di otak, yang terjadi dalam tempo sekitar 24 jam atau lebih. Boleh dikatakan serangan stroke terjadi mendadak dan sulit diprediksi, berlangsung sekitar 15-an menit.

Stroke terjadi ketika pasokan darah ke satu bagian otak terhambat cukup parah (karena adanya bekuan darah atau aterosklerosis) atau sama sekali terhenti (karena pecahnya pembuluh darah). Akibatnya kiriman oksigen dan nutrisi bagi jaringan sel-sel saraf otak tersendat atau bahkan terhenti sama sekali. Dalam waktu hanya beberapa menit sel-sel otak pun mati. Hal ini menyebabkan berbagai fungsi otak terganggu yang manifestasinya berupa gangguan gerak (berjalan dan/atau mengangkat tangan), gangguan intelektual (sulit berbicara dan/atau mengerti pembicaraan orang, sulit menghitung), terjadi kelumpuhan pada satu sisi, gangguan pada penglihatan, sakit kepala dan/atau vertigo parah, dan lain-lain. Selanjutnya

Diabetes Basah. APA ITU. Inilah Pengertian dan Solusinya

Diabees 1Penyakit diabetes sebenernya dalam ilmu kedokteran tidak ada perbedaan antara diabetes kering atau diabetes basah yang ada diabetes  dibedakan menjadi 3 type yaitu; Diabetes tipe 1,  Diabetes tipe 2! Diabetes gestasional

Namun demikian di masyarakat umum dikenal adanya duabetes kering dan basah. Istilah diabetes basah dan kering merupakan kata lain dari diabetes tipe 2, dimana biasanya terjadi pada orang-orang lanjut usia dan disebabkan oleh gula darah yang sangat tinggi dan biasanya melebihi kadar diabetes kering. Sedangkan yang dimaksud diabetes kering adalah sebutan lain dari penyakit diabetes yang dikarenakan penderitanya mengalami kekeringan atau tubuh menjadi kurus sekali tanpa ada sebab yang jelas. Tanpa sebab yang jelas disini diartikan karena tubuh menggunakan lemak untuk menjadikan tenaga, tidak lagi glukosa karena hormon insulin tidak bisa atau tidak ada untuk memecah glukosa menjadi tenaga. Sehingga terjadilah yang disebut dengan diabetes kering. Selanjutnya

Cara alami turunkan kolestrol LDL (Low Density Lipoprotein)

APA ITU KOLESTROL?

kolestrol intiherbal.web.idKolesterol adalah senyawa lemak kompleks, yang 80% dihasilkan dari dalam tubuh (organ hati) dan 20% sisanya dari luar tubuh (zat makanan) untuk bermacam-macam fungsi di dalam tubuh, antara lain membentuk dinding sel.

Kolesterol yang berada dalam zat makanan yang kita makan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Tetapi, sejauh pemasukan ini seimbang dengan kebutuhan, tubuh kita akan tetap sehat. Kolesterol tidak larut dalam cairan darah, untuk itu agar dapat dikirim ke seluruh tubuh perlu dikemas bersama protein menjadi partikel yang disebut Lipoprotein, yang dapat dianggap sebagai ‘pembawa’ (carier) kolesterol dalam darah .  Selanjutnya

Hipertensi (Darah tinggi) Kenali Gejalanya

Tensi darahDarah tinggi atau hipertensi diistilahkan dengan “Sillent Killer”, karena gejala fisik secara umum tidak nampak tapi berpotensi sangat merusak bagi sistem tubuh secara keseluruhan. Banyak orang tidak tahu tekanan darah. Selanjutnya

 

Diabetes Basah. APA ITU. Inilah Pengertian dan Solusinya

Diabees 1Penyakit diabetes sebenernya dalam ilmu kedokteran tidak ada perbedaan antara diabetes kering atau diabetes basah yang ada diabetes  dibedakan menjadi 3 type yaitu; Diabetes tipe 1,  Diabetes tipe 2! Diabetes gestasional

Namun demikian di masyarakat umum dikenal adanya duabetes kering dan basah. Istilah diabetes basah dan kering merupakan kata lain dari diabetes tipe 2, dimana biasanya terjadi pada orang-orang lanjut usia dan disebabkan oleh gula darah yang sangat tinggi dan biasanya melebihi kadar diabetes kering. Sedangkan yang dimaksud diabetes kering adalah sebutan lain dari penyakit diabetes yang dikarenakan penderitanya mengalami kekeringan atau tubuh menjadi kurus sekali tanpa ada sebab yang jelas. Tanpa sebab yang jelas disini diartikan karena tubuh menggunakan lemak untuk menjadikan tenaga, tidak lagi glukosa karena hormon insulin tidak bisa atau tidak ada untuk memecah glukosa menjadi tenaga. Sehingga terjadilah yang disebut dengan diabetes kering. Selanjutnya

 

Silent killer

“Angin Duduk” Penyebab Kematian Mendadak – The Silent Killer

Jantung koroner

3 (Tiga) Tanaman Penyembuh Jantung Koroner

Tiroid

4 Tanaman Ini Pencegah dan Penyembuh Tiroid

Infeksi saluram kemih

5 dari 10 Wanita Menderita Infeksi Saluran Kemih – Anyang-Anyangan

.