4 Tanaman Ini Pencegah dan Penyembuh Tiroid

TiroidPenyakit tiroid adalah berbagai gangguan atau masalah yang terjadi pada kelenjar tiroid. Dimana peenyakit ini timbul dikarenakan kadar hormon tiroid yang terlalu tinggi atau rendah dalam tubuh kita. Oleh karenanya tiroid memiliki beberapa jenis diantaranya

Hipotiroidisme

Hipotiroidisme adalah kondisi terlalu sedikitnya hormon tiroksin yang diproduksi oleh kelenjar tiroid sehingga tubuh mengalami defisiensi. Kondisi ini lebih sering dialami oleh wanita (terutama lansia) dan memiliki gejala-gejala umum seperti konstipasi , kulit kering, kelelahan, kenaikan berat badan tanpa sebab jelas, serta lebih sensitif terhadap hawa dingin.

Hipertiroidisme

Jika kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid yang berlebihan dalam tubuh, Anda bisa mengalami kelenjar tiroid overaktif atau hipertiroidisme . Penyakit ini umumnya ditandai dengan detak jantung yang cepat atau tidak beraturan, penurunan berat badan yang terjadi secara tiba-tiba meski nafsu makan meningkat, berkeringat, gugup, serta cemas.

Penyakit gondok

Penyakit gondok adalah pembengkakan kelenjar tiroid yang umumnya menyebabkan benjolan pada leher. Selain benjolan yang menjadi gejala utamanya, penderita penyakit ini juga bisa mengalami perubahan suara, kesulitan bernapas dan menelan, serta rasa sesak pada tenggorokan.

Nodul tiroid

Nodul tiroid adalah benjolan padat atau berisi air yang timbul dalam kelenjar tiroid. Benjolan ini dapat berupa tumor jinak atau kista. Nodul tiroid jarang menyebabkan gejala sehingga umumnya hanya terdeteksi saat penderitanya menjalani pemeriksaan kesehatan umum. Namun jika nodul yang tumbuh cukup besar, kondisi ini bisa menyebabkan kesulitan bernapas, kesulitan menelan dan rasa sakit pada tenggorokan.

Penyakit tiroid tidak bisa dianggap penyakit remeh. Karena kelenjar tiroid lterletak di bawah jakun ini bertugas mengatur berbagai sistem metabolisme dalam tubuh sehingga peranannya sangat penting bagi kita. Dimana kinerja kelenjar tiroid dikendalikan oleh otak. Ketika tubuh mengalami kekurangan atau kelebihan hormon tiroid, otak akan merangsang kelenjar tiroid untuk menyesuaikan kinerjanya agar kadar hormon tersebut kembali seimbang.

Penyakit tiroid dapatndiketahui dengan diagnosis beberapa langka pemeriksaan yang mendetail.

Jenis pemeriksaan tersebut meliputi tes darah, USG, pemindaian dengan isotop radioaktif, serta biopsi melalui aspirasi jarum halus.

Tes darah yang dianjurkan adalah evaluasi fungsi kelenjar tiroid. Tes ini berfungsi untuk mengukur kadar hormon tiroid dan TSH (thyroid-stimulating hormone ) untuk menentukan kondisi hipertiroidisme atau hipotiroidisme yang dialami pasien.

Melalui USG dan pemindaian isotop radioaktif, dokter akan mendeteksi ukuran serta jenis benjolan yang dialami pasien. Sementara biopsi melalui aspirasi jarum halus akan memungkinkan dokter untuk mengetahui jenis sel yang ada dalam benjolan.

Pengobatan Penyakit Tiroid

Seseorangnyang didiagnosa terkena penyakit teroid biasanya ahli medis akan melakukann dua cara yang biasanya diberikan untuk menangani penyakit tiroid. Langkah ini meliputi pemberian obat-obatan, terapi radioaktif dan/atau prosedur operasi.

Obat-obatan yang diberikan memiliki fungsi yang berbeda-beda, tergantung dari jenis penyakit tiroid yang dialami. Fungsi obat-obatan dan terapi tersebut umumnya meliputi:

  • Menggantikan hormon tiroid dalam tubuh.
  • Menurunkan produksi hormon tiroid dalam tubuh.
  • Menghancurkan sel-sel tiroid.

Di samping itu, gejala-gejala hipertiroidisme (seperti detak jantung yang meningkat) juga akan ditangani dengan obat-obatan lain.
Jika dokter menganjurkan operasi, jenis operasi yang akan dijalani pasien umumnya adalah proses pengangkatan kelenjar tiroid atau tiroidektomi. Prosedur ini bisa dilakukan untuk menangani kelenjarseseorang tiroid yang bengkak atau benjolan yang ada di dalamnya.

Sebagian besar penyakit tiroid tidak membahayakan penderitanya dan dapat dikendalikan melalui penanganan medis. Tetapi jika dibiarkan, ada yang dapat berkembang menjadi kanker tiroid yang harus ditangani secepat mungkin dan dengan saksama.

Pencegahan dan Pengobatan Herbal Penyakit Teroid

Selain penanganan secara medis klinis, penyakit teroid bisa juga dicegah dan disembuhkan dengan tanaman herbal ciplukan, kemuning dan gaharu, atau  Benalu Teh.

Artikel Lainnya

 

Cara alami turunkan kolestrol LDL (Low Density Lipoprotein)

APA ITU KOLESTROL?

kolestrol intiherbal.web.idKolesterol adalah senyawa lemak kompleks, yang 80% dihasilkan dari dalam tubuh (organ hati) dan 20% sisanya dari luar tubuh (zat makanan) untuk bermacam-macam fungsi di dalam tubuh, antara lain membentuk dinding sel.

Kolesterol yang berada dalam zat makanan yang kita makan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Tetapi, sejauh pemasukan ini seimbang dengan kebutuhan, tubuh kita akan tetap sehat. Kolesterol tidak larut dalam cairan darah, untuk itu agar dapat dikirim ke seluruh tubuh perlu dikemas bersama protein menjadi partikel yang disebut Lipoprotein, yang dapat dianggap sebagai ‘pembawa’ (carier) kolesterol dalam darah .  Selanjutnya

Hipertensi (Darah tinggi) Kenali Gejalanya

Tensi darahDarah tinggi atau hipertensi diistilahkan dengan “Sillent Killer”, karena gejala fisik secara umum tidak nampak tapi berpotensi sangat merusak bagi sistem tubuh secara keseluruhan. Banyak orang tidak tahu tekanan darah. Selanjutnya

MENGENAL STROKE

StrokeStroke adalah gangguan saraf otak yang disebabkan oleh kerusakan pembuluh darah di otak, yang terjadi dalam tempo sekitar 24 jam atau lebih. Boleh dikatakan serangan stroke terjadi mendadak dan sulit diprediksi, berlangsung sekitar 15-an menit.

Stroke terjadi ketika pasokan darah ke satu bagian otak terhambat cukup parah (karena adanya bekuan darah atau aterosklerosis) atau sama sekali terhenti (karena pecahnya pembuluh darah). Akibatnya kiriman oksigen dan nutrisi bagi jaringan sel-sel saraf otak tersendat atau bahkan terhenti sama sekali. Dalam waktu hanya beberapa menit sel-sel otak pun mati. Hal ini menyebabkan berbagai fungsi otak terganggu yang manifestasinya berupa gangguan gerak (berjalan dan/atau mengangkat tangan), gangguan intelektual (sulit berbicara dan/atau mengerti pembicaraan orang, sulit menghitung), terjadi kelumpuhan pada satu sisi, gangguan pada penglihatan, sakit kepala dan/atau vertigo parah, dan lain-lain. Selanjutnya

Diabetes Basah. APA ITU. Inilah Pengertian dan Solusinya

Diabees 1Penyakit diabetes sebenernya dalam ilmu kedokteran tidak ada perbedaan antara diabetes kering atau diabetes basah yang ada diabetes  dibedakan menjadi 3 type yaitu; Diabetes tipe 1,  Diabetes tipe 2! Diabetes gestasional

Namun demikian di masyarakat umum dikenal adanya duabetes kering dan basah. Istilah diabetes basah dan kering merupakan kata lain dari diabetes tipe 2, dimana biasanya terjadi pada orang-orang lanjut usia dan disebabkan oleh gula darah yang sangat tinggi dan biasanya melebihi kadar diabetes kering. Sedangkan yang dimaksud diabetes kering adalah sebutan lain dari penyakit diabetes yang dikarenakan penderitanya mengalami kekeringan atau tubuh menjadi kurus sekali tanpa ada sebab yang jelas. Tanpa sebab yang jelas disini diartikan karena tubuh menggunakan lemak untuk menjadikan tenaga, tidak lagi glukosa karena hormon insulin tidak bisa atau tidak ada untuk memecah glukosa menjadi tenaga. Sehingga terjadilah yang disebut dengan diabetes kering. Selanjutnya

Batuk dan solusi herbal
dp-bbm-batuk-menyiksa

Inilah 12 Manfaat Nyata Jika Anda Konsumsi Mengkudu / Si Buah Noni

Menngkudu atau buah noni

Menngkudu atau buah noni

“Angin Duduk” Penyebab Kematian Mendadak – The Silent Killer

Silent killer

3 (Tiga) Tanaman Penyembuh Jantung Koroner

Jantung koroner