5 Dari 10 Wanita Menderita Infeksi Saluran Kemih, Gajala Seperti Ayang-Ayangan

Infeksi saluram kemihHasil studi ternyata 5 dari 10 wanita memderita saluran kemih. Di AS, ditemukan bahwa 21 % wanita dewasa setiap tahunnya antara 2-4 % mengalami infeksi yang terjadi secara terus-menerus. Lebih dari 5 juta wanita setiap tahunnya mengunjungi dokter karena gangguan infeksi saluran kemih yang umumnya disebabkan dari infeksi saluran kemih yang tidak terkontrol.

Infeksi saluran kemih jika tidak terkontrol dapat berkembang menjadi peradangan pada kandung kemih, dan seterusnya akan terjadi komplikasi menjadi salah satu tanda awal dari infeksi ginjal yang cukup serius dengan ditandai oleh gejala seperti : sakit punggung , badan demam hingga membuat badan menggigil. Jika terus berlangsung bisa menyebabkan kerusakan ginjal menetap.

Apa Sebetulnya Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) merupakan infeksi pada bagian yang berfungsi untuk mengeluarkan dari ginjal, yang dimana awal kotoran keluar dari ginjal.

Infeksi saluran kemih bisa terjadi akibat virus yang masuk ke dalam saluran kemih melalui vagina jika terjadi pada perempuan. Infeksi saluran kemih juga dapat terjadi akibat batu ginjal.

Penyakit infeksi saluran kemih juga bisa terjadi akibat ada nya bagian ginjal atau pun kandung kemih mengalami gangguan sehingga bisa menyebabkan infeksi pada saluran kemih.

Untuk penderita infeksi saluran kemih lebih banyak dialami oleh wanita, karena bakteri penyebab infeksi saluran kemih akan lebih mudah untuk memasuki tubuh wanita, sehingga penderita infeksi saluran kemih pada laki laki lebih sedikit.

Gejala Infeksi Saluran Kemih

Sama hal nya dengan penyakit, infeksi saluran kemih pun memiliki gejala gejala yang akan di rasakan jika terjadi. Ada berbagai macam gejala infeksi saluran kemih, dan beberapa gejala infeksi saluran kemih sebagai berikut :

  • Anyang anyangan

Gejala infeksi saluran kemih dapat terjadi anyang anyangan, anyang anyangan merupakan kondisi buang air kecil terus menerus. Anyang anyangan dapat terjadi akibat buang air kecil yang keluar hanya sedikit, sehingga sering terjadi terus menerus pada gejala infeksi saluran kemih.

  • Urin berdarah

Selain buang air kecil terus menerus, gejala infeksi saluran kemih juga bisa menyebabkan urin yang akan mengalami perubahan. Perubahan urin pada gejala infeksi saluran kemih maka urin akan bercampur dengan darah, sama hal nya seperti pada penyakit kelamin menular sifilis yang akan menyebabkan kencing berdarah.

  • Sakit buang air kecil

Pada gejala infeksi saluran kemih selain dapat menyebabkan buang air kecil terus menerus juga dapat menyebabkan rasa sakit atau pun nyeri pada saat buang air kecik. Hal ini terjadi akibat saluran kemih di infeksi oleh bakteri.

  • Nyeri di rectum

Salah satu gejala infeksi saluran kemih juga dapat menyebabkan nyeri pada bagian rectum. Sehingga tidak hanya pada bagian depan saja yang akan merasakan sakit, namun di rectum juga akan merasakan sakit pada gejala infeksi saluran kemih.

  • Demam

Demam juga bisa terjadi pada gejala infeksi saluran kemih, karena bakteri maka demam juga bisa terjadi ketika gejala infeksi saluran kemih.

  • Sakit punggung

Jika infeksi saluran kemih semakin lama dan semakin parah juga bisa menyebabkan rasa sakit pada bagian punggung di gejala infeksi saluran kemih.

Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Selain gejala infeksi saluran kemih ada pula penyebab dari infeksi saluran kemih yang dapat terjadi. Dan berikut beberapa penyebab infeksi saluran kemih yang menyebabkan sakit pada saat buang air kecil yang memungkinkan untuk dialami oleh pria maupun wanita :

Cara membersihkan salah

Cara membersihkan alat kelamin pada saat setelah buang air besar atau pun buang air kecil juga dapat menyebabkan infeksi saluran kemih. yang sering terjadi akibat buang air besar, yang membersihkan nya di bagian belakang terlebih dahulu. Karena banyak yang beranggapan jika bagian belakang yang kotor maka di bersihkan dengan bagian belakang terlebih dahulu lalu ke bagian depan. Namun, cara tersebut salah besar, karena pada saat buang ari besar mengeluarkan fases yang terdapat bakteri di dalam nya, sehingga jika di ada bakteri yang masih menempel bisa memasuki tubuh kembali ke saluran kemih dan menginfeksiinya.

  • Penggunaan kateter

Jika sedang terbaring sakit dan tidak boleh banyak bergerak termasuk ke toilet, maka pemasangan kateter di lakukan untuk membantu mengeluarkan urin tanpa harus ke toilet. Namun urin yang kotor dan menyebabkan kateter juga kotor maka bisa menyebabkan infeksi saluran kemih.

  • Alat KB

Selain penggunaan kateter, penggunaan alat kb seperti hal nya kondom pun juga dapat menyebabkan infeksi saluran kemih, karena ada nya bakteri di kondom atau pun alat KB

  • Penyakit kelamin

Penyakit kelamin juga memiliki resiko besar untuk menyebabkan infeksi saluran kemih. karena penyakit kelamin di tularkan melalui hubungan seksual sehingga akan lebih mudah untuk menyebabkan infeksi saluran kemih.

  • Batu ginjal

Batu ginjal yang akan menyebabkan buang ari kecil terhambat juga dapat menjadi penyebab infeksi saluran kemih.

Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih dapat di cegah dengan membersihkan saluran kemih pada saat setelah buah air kecil atau pun buang air besar. Untuk membersihkan dengan cara yang benar yaitu dengan gerakan ke depan terlebih dahulu lalu kebelakang, karena dengan cara seperti itu dapat menghindari bakteri memasuki saluran kemih dari dari anus yang di keluarkan dari fases. Selain itu juga jika ingin mencegah infeksi saluran kemih juga dengan menghindari menahan buang air kecil, karena menahan buang air kecil termasuk kebiasaan yang buruk dan akan menyebabkan infeksi saluran kemih. juga cara yang paling baik untuk mencegah infeksi saluran kemih dapat di bantu dengan minum air putih yang cukup. Karena ginjal juga termasuk bagian saluran kemih, maka untuk menjaga kesehatan nya yang paling tepat yaitu dengan minum air putih yang cukup.

Pengobatan

Infeksi saluran kemih secara medis sering diterapi dengan antibiotika, syangnya sebagian pasien mengalami kondisi yang semakin parah menjadi infeksi kandung kemih dan infeksi ginjal dengan konsekuensi yang serius.

Pengobatan secara alami juga dapat dilakukan terutama dengan perpaduan  tanaman herbal Kumis Kucing dan meniran. Penggunaan bisa direbus atau dengan konsumsi bentuk praktisnya misal kapsul atau dalam bentuk teh.