“Angin Duduk” Penyebab Kematian Mendadak – The Silent Killer

Silent killerKematian yang secara tiba-tiba sering kali oleh sebagian orang disebabkan oleh ‘Angin Duduk’.

Angin duduk yang sering kali berakibat kematian mendadak bisa jadi merupakan serangan jantung atau penyakit Jantung yang dijuluki The Silent Killer, disebut begitu karena 30 persen serangan jantung tidak memiliki gejala dan berakhir dengan kematian .

Sebuah penelitian di Universitas Airlangga Surabaya pada tahun 1980-an menunjukkan, ketika orang-orang yang merasa masuk angin diperiksa, sesungguhnya 30 persen di antara mereka terkena serangan jantung koroner.

Ternyata orang Indonesia banyak mengalami penyumbatan pembuluh darah koroner arteri LAD (left anterior descending).
Pembuluh darah itu menuju ke bagian depan dan bawah jantung, jadi rasanya seperti masuk angin.

“Angin duduk itu adalah bahasa awam, yang dirasakan seperti masuk angin berat. Biasanya dikerik atau dipijat gejalanya tidak hilang. Sebetulnya itu kena serangan jantung,” kata dr.Jetty Sedyawan, Sp.JP (K), dari Yayasan Jantung Indonesia dalam sebuah acara di Jakarta.

Serangan jantung yang tidak disadari itu akan menimbulkan komplikasi pada 1-2 jam pertama berupa gangguan irama jantung.

“Sudah ada penyempitan di pembuluh darahnya lalu gangguan listrik jantung, akibatnya jantung tidak berdenyut tapi hanya bergetar saja sehingga tidak ada pasokan ke otak. Terjadilah kematian mendadak,” paparnya.

Jetty mengatakan, 90 persen kematian mendadak disebabkan karena jantung.

“Gangguan irama jantung bisa disebabkan karena berbagai sebab, misalnya stres atau kurang elektrolit. Tapi sifatnya sementara. Nah, pada serangan jantung gangguan irama ini berbahaya,” ujar dokter yang menjadi dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini.

Gejala serangan jantung memang bervariasi, tetapi secara umum tanda utama yang perlu diwaspadai adalah rasa sakit pada bagian dada.

Rasa sakit itu biasanya cukup hebat dan bertahan lama. Selain itu ada rasa nyeri yang menyebar melampaui dada ke bahu kiri dan lengan, ke punggung, bahkan ke gigi dan rahang. Napas pun terasa sesak.

Serangan jantung juga bisa didahulu sederet serangan angina (perasaan berat atau sesak), tapi bisa terjadi secara tiba-tiba tanpa peringatan sebelumnya.

Serangan jantung menimbulkan kerusakan pada otot jantung karena kehilangan pasokan darah. Karena itulah waktu sangat berharga.

“Time is muscle, makin lama dibawa ke rumah sakit makin berkurang pasokan darah yang dibutuhkan tubuh,” katanya.

ARTIKEL TERKAIT

3 (Tiga) Tanaman Penyembuh Jantung Koroner

Jantung koronerPenyakit jantung koroner (PJK) merupakan jenis penyakit yang paling umum dari penyakit jantung dan penyabab kematian tertinggi bagi pria maupun wanita di dunia. Data dari pusat pengendalian dan pencegahan penyakit Amerika menyebutkan penyakit ini telah membunuh lebih dari 370.000 orang setia tahunnya. SELENGKAPNYA

 Artikel Lainnya

 

Cara alami turunkan kolestrol LDL (Low Density Lipoprotein)

APA ITU KOLESTROL?

kolestrol intiherbal.web.idKolesterol adalah senyawa lemak kompleks, yang 80% dihasilkan dari dalam tubuh (organ hati) dan 20% sisanya dari luar tubuh (zat makanan) untuk bermacam-macam fungsi di dalam tubuh, antara lain membentuk dinding sel.

Kolesterol yang berada dalam zat makanan yang kita makan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Tetapi, sejauh pemasukan ini seimbang dengan kebutuhan, tubuh kita akan tetap sehat. Kolesterol tidak larut dalam cairan darah, untuk itu agar dapat dikirim ke seluruh tubuh perlu dikemas bersama protein menjadi partikel yang disebut Lipoprotein, yang dapat dianggap sebagai ‘pembawa’ (carier) kolesterol dalam darah .  Selanjutnya

Hipertensi (Darah tinggi) Kenali Gejalanya

Tensi darahDarah tinggi atau hipertensi diistilahkan dengan “Sillent Killer”, karena gejala fisik secara umum tidak nampak tapi berpotensi sangat merusak bagi sistem tubuh secara keseluruhan. Banyak orang tidak tahu tekanan darah. Selanjutnya

MENGENAL STROKE

StrokeStroke adalah gangguan saraf otak yang disebabkan oleh kerusakan pembuluh darah di otak, yang terjadi dalam tempo sekitar 24 jam atau lebih. Boleh dikatakan serangan stroke terjadi mendadak dan sulit diprediksi, berlangsung sekitar 15-an menit.

Stroke terjadi ketika pasokan darah ke satu bagian otak terhambat cukup parah (karena adanya bekuan darah atau aterosklerosis) atau sama sekali terhenti (karena pecahnya pembuluh darah). Akibatnya kiriman oksigen dan nutrisi bagi jaringan sel-sel saraf otak tersendat atau bahkan terhenti sama sekali. Dalam waktu hanya beberapa menit sel-sel otak pun mati. Hal ini menyebabkan berbagai fungsi otak terganggu yang manifestasinya berupa gangguan gerak (berjalan dan/atau mengangkat tangan), gangguan intelektual (sulit berbicara dan/atau mengerti pembicaraan orang, sulit menghitung), terjadi kelumpuhan pada satu sisi, gangguan pada penglihatan, sakit kepala dan/atau vertigo parah, dan lain-lain. Selanjutnya

Diabetes Basah. APA ITU. Inilah Pengertian dan Solusinya

Diabees 1Penyakit diabetes sebenernya dalam ilmu kedokteran tidak ada perbedaan antara diabetes kering atau diabetes basah yang ada diabetes  dibedakan menjadi 3 type yaitu; Diabetes tipe 1,  Diabetes tipe 2! Diabetes gestasional

Namun demikian di masyarakat umum dikenal adanya duabetes kering dan basah. Istilah diabetes basah dan kering merupakan kata lain dari diabetes tipe 2, dimana biasanya terjadi pada orang-orang lanjut usia dan disebabkan oleh gula darah yang sangat tinggi dan biasanya melebihi kadar diabetes kering. Sedangkan yang dimaksud diabetes kering adalah sebutan lain dari penyakit diabetes yang dikarenakan penderitanya mengalami kekeringan atau tubuh menjadi kurus sekali tanpa ada sebab yang jelas. Tanpa sebab yang jelas disini diartikan karena tubuh menggunakan lemak untuk menjadikan tenaga, tidak lagi glukosa karena hormon insulin tidak bisa atau tidak ada untuk memecah glukosa menjadi tenaga. Sehingga terjadilah yang disebut dengan diabetes kering. Selanjutnya

Batuk dan solusi herbal
dp-bbm-batuk-menyiksa

Inilah 12 Manfaat Nyata Jika Anda Konsumsi Mengkudu / Si Buah Noni

Menngkudu atau buah noni

Menngkudu atau buah noni

“Angin Duduk” Penyebab Kematian Mendadak – The Silent Killer

Silent killer

3 (Tiga) Tanaman Penyembuh Jantung Koroner

Jantung koroner