Apa Yang Menyebabkan Orang Harus Cuci Darah ?

Cuci darahCuci darah, istilah kedokteran disebut hemodialisis adalah tindakan medis yang merupakan alat terapi untuk pasien penyakit ginjal dengan kondisi tertentu. Yaitu diperuntukkan bagi seseorang yang sudah memiliki kerusakan ginjal atau penyakit ginjal kronis, dimana ginjal sudah tidak berfungsi untuk menyaring limbah secara efisien.

Cuci darah atau Hemodialisis adalah suatu tindakan membersihkan racun dalam tubuh, karena ginjal tidak mampu lagi membuang sisa-sisa metabolisme dalam tubuh, dimana cuci darah dilakukan secara medis karena adanya kenaikan kadar kreatinin dalam darah yang mencapai 10,0 mg/dL pada orang dewasa . Sedangkan pada bayi dengan penyakit ginjal, dialisis dianjurkan bila kadar kreatinin mencapai 2,0 mg/dL

Dengan kata lain, secara ideal seseorang harus cuci darah jika fungsi ginjal (Laju Filtrasi Glomerolus/LFG) kurang dari 10 ml/menit dengan disertai gejala uremia dan malnutrisi yang biasanya dialami seseorang yang memiliki penyakit ginjal kronik yaitukerusakan ginjal yang dialami selama 3 bulan atau lebih dengan definisi sebagai abnormalitas struktural atau fungsional ginjal. Penyakit ginjal kronik dapat sampai ke tingkat cuci darah secara bertahap namun progresif dan bersifat irreversibel, Jadi bila pasien ini memerlukan cuci darah berarti kerusakan ginjal sudah berlangsung lama dan biasanya memerlukan cuci darah seumur hidup. Jadi selama hidup bila melakukan cuci darah akan diberikan komponen kimiawi bermacam-macam, seperti Dialyzer (Kidney artificial), blood line, avfistula, cairan bicarbonate, cairan asam. Dari semua komponen ini yang terpenting adalah Dialyzer (Kidney artificial) yang berfungsi sebagai ginjal buatan, didalamnya terjadi proses perpindahan zat-zat beracun dari tubuh

Cuci darah memang tidak saja dilakukan oleh seseorang yang memiliki penyakit ginjal kronis, tetapi juga LFG kurang dari 5 ml/menit untuk seseorang dengan kerusakan ginjal akibat diabetes (Nefropati Diabetik) walaupun tanpa gejala dapat dilakukan lebih awal untuk mencegah komplikasi lebih lanjut.

Kondisi-kondisi tertentu yang perlu segera (cito) dilakukan hemodialisis yaitu:

  • Asidosis berat, yaitu kondisi pH darah pasien yang sangat rendah dan tidak dapat dikoreksi lagi dengan obat-obatan.
  • Apa Yang Menyebabkan Orang Harus Cuci Darah ?Intoksikasi : kondisi keracunan, dilakukan cuci darah untuk membantu menurunkan tingkat keparahannya, contohnya keracunan methanol.
  • Uremia: kondisi pasien dengan tingkat sisa metabolisme ureum dalam tubuh sangat tinggi dengan gejala klinis: mual muntah, kecegukan yang tidak berhenti,  penurunan kesadaran, bahkan kejang – kejang.
  • Elektrolit imbalance. Pada pasien dengan penyakit ginjal terjadi gangguan elektrolit dalam tubuh, umumnya yang menjadi masalah adalah kelebihan kalium, menjadi hiperkalemi.
  • Kondisi ini bila tidak segera diatasi akan menyebabkan gangguan pada jantung
  • Overload, terjadi penumpukan cairan di dalam tubuh. Biasanya terjadi penumpukan cairan dalam paru-paru yang disebut sebagai Edema Paru, sehingga menyebabkan pasien menjadi sesak nafas hebat.

Secara medis seseorang dengan penyakit gagal kronis memang diperlukan cuci darah, tapi selain itu ada alternatif untuk mencegah dan mwngobati secara alami yaitu dengan pengobatan herbal, salah satunya adalah dengan daun sukun.

Dipilihnya daun sukun bukan hanya asal, namun sudah mengalami penelitian yang sangat rumit, bahkan tahun 2004 Pusat Penelitian Kimia LIPI bersama dengan pakar peneliti lainnya telah meneliti dan daun sukun (Artocarpus altilis) mengandung flavonoid dan sitosterol yang berkhasiat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Tak hanya berkhasiat mencegah penyakit kardiovaskuler, tetapi sukun juga merupakan obat tradisional yang mampu mengatasi masalah ginjal, penyakit hati, peradangan dan gatal-gatal.

daun sukun juga diketahui sebagai  pengobatan gagal ginjal tanpa cuci darah, serta dapat membantu mengembalikan kondisi ginjal seperti sedia kala. Mulai dari asam hidrosianat, tannin dan flavoid. Selain itu juga terdapat aseticolin dan juga riboflavin yang mempunyai sifar recovery cukup baik untuk ginjal.

Tonton video Manfaat daun Sukun

Dapatkan Produk Daun Sukun

Teh Celup Daun Sukun

KAPSUL DAUN SUKUN (Artocarpus communis). Pelindung Jantung, Gangguan Ginjal / gagal ginjal