Cara alami turunkan kolestrol LDL (Low Density Lipoprotein)

APA ITU KOLESTROL?

kolestrol intiherbal.web.idKolesterol adalah senyawa lemak kompleks, yang 80% dihasilkan dari dalam tubuh (organ hati) dan 20% sisanya dari luar tubuh (zat makanan) untuk bermacam-macam fungsi di dalam tubuh, antara lain membentuk dinding sel.

Kolesterol yang berada dalam zat makanan yang kita makan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Tetapi, sejauh pemasukan ini seimbang dengan kebutuhan, tubuh kita akan tetap sehat. Kolesterol tidak larut dalam cairan darah, untuk itu agar dapat dikirim ke seluruh tubuh perlu dikemas bersama protein menjadi partikel yang disebut Lipoprotein, yang dapat dianggap sebagai ‘pembawa’ (carier) kolesterol dalam darah .

JENIS-JENIS KOLESTEROL 

Jenis-jenis Kolesterol terdiri atas dua bagian yaitu

Kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) dan Kolesterol HDL (High Density Lipoprotein):

Kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein)

Jenis kolesterol ini berbahaya sehingga sering disebut juga sebagai kolesterol jahat. Kolesterol LDL mengangkut kolesterol paling banyak didalam darah. Tingginya kadar LDL menyebabkankan pengendapan kolesterol dalam arteri. Kolesterol LDL merupakan faktor risiko utama penyakit jantung koroner sekaligus target utama dalam pengobatan.

Kolesterol HDL (High Density Lipoprotein).

Kolesterol ini tidak berbahaya. Kolesterol HDL mengangkut kolesterol lebih sedikit dari LDL dan sering disebut kolesterol baik karena dapat membuang kelebihan kolesterol jahat di pembuluh darah arteri kembali ke hati, untuk diproses dan dibuang. HDL mencegah kolesterol mengendap di arteri dan melindungi pembuluh darah dari proses Aterosklerosis (terbentuknya plak pada dinding pembuluh darah).

Trigliserida

Selain LDL dan HDL, yang penting untuk diketahui juga adalah Trigliserida, yaitu satu jenis lemak yang terdapat dalam darah dan berbagai organ dalam tubuh. Meningkatnya kadar trigliserida dalam darah juga dapat meningkatkan kadar kolesterol. Sejumlah faktor dapat mempengaruhi kadar trigliserida dalam darah seperti kegemukan, konsumsi alkohol, gula, dan makanan berlemak. Tingginya kadar trigliserida (TG) dapat dikontrol dengan diet rendah karbohidrat.

BEBERAPA CARA TURUNKAN KOLESTROL JAHAT

1. Turunkan berat badan

Obesitas merupakan penyebab kolesterol tinggi, oleh karena itu, mengurangi berat badan sangat baik untuk Anda. Karena akan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Penurun berat badan untuk mengurangi onseitas alami dengan konsumsi bangle atau daun jati cina

2. Olahraga

Meskipun cuma 5 menit tapi sangat besar manfaatnya. Untuk itu solusi paling baik menurunkan kolesterol adalah dengan berolahraga.

3. Makanan sehat

Makanan yang mengandung omega-3. Omega 3 banyak dihasilkan ikan yanhg dimasak tanpa digoreng dengan minyak (cukup dibakar atau direbus).  Juga banyak dihasilkan dari salmon, tuna dll. juga dapat menurunkan kolesterol, Terlebih di dikung dengan sayur hijau. Asam lemak omega 3 meningkatkan kolesterol HDL.

4. Jauhkan lemak jahat

Makanan instan dan gorengan, adalah pantangan bagi Anda jika ingin menghindari kolesterol jahat. Karena di sana lah kolesterol banyak menumpuk. Seperti kentang goreng, burger, atau makanan cepat saji lainnya.

5. Gunakan minyak yang sehat

Untuk menggoreng, gunakan minyak nabati seperti minyak zaitun dan kanola. Jika Anda mampu, jangan gunakan minyak sawit, butter, dan margarin dalam masakan yang hendak dihidangkan. Lebih baik lagi banyak memakan makanan yang direbus atau disayur. Jika digoreng gunakan Minyak zaitun karena minyak ini mengandung antioksidan yang dapat menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) tanpa mempengaruhi kolesterol HDL (kolesterol baik) Anda. Disarankan Anda mengonsumsi dua sendok makan (sekitar 23 gram) minyak zaitun per hari.

6. Berhenti merokok

Inilah kebiasaan yang banyak dilakukan masyarakat saat ini. Merokok bisa menyumbat aliran darah, yang meningkatkan kadar kolesterol dalam darah itu sendiri.

7. Batasi konsumsi daging merah

Kurangi konsumsinya ketika Anda sudah mengidap kolesterol tinggi. Sebab daging merah sangat tinggi akan kolesterol, lemak, dan kalori. Selain itu perhatikan pula cara pengolahannya. Hindari membakar atau menggoreng daging dengan banyak lemak.

8. Konsumsi bawang putih terutama bawang lanang / bawang tunggal

Mengonsumsi bawang putih terutama bawang lanang atau bawang tunggal menurunkan kolesterol, mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi terhadap infeksi. Bawang putih yang baik adalah bawang tunggal atau bawang lanang.

9. Minum teh hitaM

Teh hitam merupakan jenis teh herbal yang sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Anda disarankan untuk minum satu cangkir teh hitam setiap hari.

10. Teh Hijau

Tak dipungkiri lagi, minuman super yang satu ini memang sangat ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol. Tapi jangan juga Anda meminumnya berlebihan. Minumlah paling banyak 2 atau 3 kali dalam sehari

11. Bawang dan madU

Tips cepat untuk menurunkan tekanan darah adalah mengambil satu sendok makan jus bawang dan tambahkan dua sendok makan madu. Minum ramuan ini setiap hari.

12. Daun kari

Daun kari merupakan bahan alami untuk melawan berbagai penyakit. Dalam sebuah wadah, tambahkan air minum dan 4-5 lembar daun kari, dinginkan dan gunakan sebagai minuman sehari-hari.

13. Wortel

Campurkan wortel dan bayam menjadi jus. Minum jus tersebut dua kali dalam sehari untuk menurunkan tekanan darah.

14. Akar bit

Jus sayuran ini merupakan cara yang bagus untuk menurunkan tekanan darah. Minum jus ini dua kali dalam sehari?

15. Kurangi Stres Berlebihan

Kurangi tingkat stres Anda dengan latihan relaksasi, meditasi, atau biofeedback. Fokus pada pernapasan Anda dan ambil napas yang dalam dan menyegarkan. Ini adalah cara pengurang stres sederhana yang dapat dilakukan di mana saja.

KESAKSIAN PENGKONSUMSI DAUN AFRIKA

Kesaksian daun afrika

Tentang daun afrika klik

daun afrika

Tentang Teh Celup Daun Afrika  klik

celupdaunafrika

ARTIIKEL LAINNYA

Batuk dan solusi herbal
dp-bbm-batuk-menyiksa

Inilah 12 Manfaat Nyata Jika Anda Konsumsi Mengkudu / Si Buah Noni

Menngkudu atau buah noni

Menngkudu atau buah noni

“Angin Duduk” Penyebab Kematian Mendadak – The Silent Killer

Silent killer

3 (Tiga) Tanaman Penyembuh Jantung Koroner

Jantung koroner

Batu Kandung Empedu. Apa Penyebabnya dan solusinya?

Batu empedu

Kunyit atau Kunir Putih Perlu Dikonsumsi Penderita Kanker, Maag juga Hindari Penuaan Dini

Kunir / Kunyit Putih

Kunir / Kunyit Putih