Manfaat Asam Urat Dan Masalah Asam Urat Tinggi (Hiperurisemia)

Asam Urat, Makanan yang harus dihindariAsam urat atau hyperuricemiamerupakan zat buangan dalam tubuh hasil metabolisme dari purin. Sebenarnya asam urat ini juga diperlukan bagi tubuh karena berfungsi sebagai antioksidan dalam regenerasi sel.  Kekurangan antioksidan dalam tubuh mengakibatkan akan banyak radikal bebas atau oksidan yang membunuh sel dampaknya akan terjadi penyakit degeneratif dan dalam jangka pendek seperti kulit menjadi kusam dan tidak sehat.

Persoalan yang menjadi problem (masalah) adalah ketika asam urat dalam tubuh berlebihan atau asam urat tinggi yang disebut hiperurisemia, orang menyebutnya dengan GOAT (Penyekit Asam Urat Tinggi).

Kondisi  asam urat tinggi atau hiperurisemia dimana asam urat dalam tubuh menjadi merembes masuk ke organ-organ tubuh terutama sekali ke persendian. Jika berlangsung lama akan menjadi kristal yang disebut monosodium urat monohidrat (MSUM).

Namun demikian MSUM ini tidak saja akan merembes ke persendian saja, akan tetapi bisa tertimbun dimana saja , bisa di ginjal, saluran kencing, jantung, telingga bahkan bisa ke kelopok mata. Jika tertimbun di ginjal dan saluran kecing jangka panjang akan menyebabkan penyakit ginjal yang bisa berkembang ke gagal ginjal. Begitu juga jika tertimbun dalam dalam jantung juga akan mengakibatkan penyakit jantung.

Apa tanda-tanda Asam Urat Tinggi

Peningkatan kadar asam urat pada awalnya memang tidak terdeteksi karena mungkin kebanyakan orang asimtomatik artinya banyak orang tidak menyadari apapun dan baru ditemukan setelah tes medis.

Namun tanda-tanda awal dapat dikenali

  • Sendi yang terserang terasa nyeri, bengkak, mengkilat, berwarna kemerahan, dan panas jika disentuh
  • Demam, dingin, lemas, dan jantung berdebar
  • Pada asam urat kronis timbul benjolan (tofus). Biasanya terdapat pada daun telinga, ujung siku, lutut, serta pnggung tangan dan kaki
  • Badan terasa berat
  • Nyeri pada otot/ urat dari organ gerak terutama di betis, paha, lengan atau bahu
  • Hilang rasa

Penyebab MSUM (pengkristalan asam urat)

Faktor penyebab asam urat tinggi ada dua faktor yaitu faktor penyebab primer dan sekunder.

Penyebab Asam Urat Primer

Penyebab ini sangat terkait dengan faktor dari dalam tubuh seserong namun belum diketahui secara pasti. Diduga disebabkan oleh faktor genetik dan ketidak seimbangan hormonal dalam tubuh yang menyebabkan gangguan metabolisme yang dapat mengakibatkan meningkatnya produksi asam urat. Bisa juga disebabkan oleh terganggunya proses pengeluaran asam urat dari tubuh karena ginjal lagi bermasalah.

Penyebab Penyakit Asam Urat Sekunder Penyebab ini sangat berkait erat dengan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Konsumsi makanan yang banyak mengandung purin sebagai faktor utama untuk penyebab sekunder ini. Produksi asam urat meningkat karena kita mengkonsumi nutrisi kadar purin tinggi. Purin merupakan salah satu senyawa basa organik yang menyusun asam nukleat (asam inti dari sel). Dia termasuk dalam kelompok asam amino, unsur pembentuk protein.

Produksi asam urat meningkat juga bisa karena penyakit darah (penyakit sumsum tulang, polisitemia), obat-obatan (alkohol, obat-obat kanker, vitamin B12). Penyebab lainnya adalah obesitas (kegemukan), penyakit kulit (psoriasis), kadar trigliserida yang tinggi. Pada penderita diabetes yang tidak terkontrol dengan baik biasanya terdapat kadar benda-benda keton (hasil buangan metabolisme lemak) yang meninggi. Benda-benda keton yang meninggi inilah sebagai sebab asam urat juga ikut meninggi.

Pantangan Penderita Asam Urat

  • Makanan yang mengandung purin tinggi sebaiknya dihindari. Seperti Makanan yang mengandung purin tinggi (150-800 mg/100 gram makanan) seperti  hati, ginjal, otak, jantung, paru, lain-lain jeroan, udang, remis, kerang, sardin, herring, ekstrak daging (abon, dendeng), ragi (tape), alkohol serta makanan dalam kaleng.
  • Makanan pantangan yang mengandung purin sedang (50-150 mg/100 gram makanan) adalah  daging sapi, kerang-kerangan, kacang-kacangan kering, kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur, daun singkong, daun pepaya, kangkung.
  • Makanan pantangan  yang mengandung purin lebih ringan (0-50 mg/100 gram makanan) adalah keju, susu, telur, sayuran lain, buah-buahan.

Pencegahan dan Pengobatan

Cara terbaik melakukan pencegahan tentunya dengan  menghindari makanan tinggi purin seperti yang disebutkan di atas, dan anda perlu minum air minimal 8 gelas sehari efektif untuk membuang asam urat

Namun jika pencegahan belum berhasil dan anda tetap terserang asam urat tinggi maka peranan dokter dalam memberikan obat pengendali asam urat diperlukan, biasanya obat sintetis atau obat kimia yang dianjurkannya.

Akan tetapi jika anda memerlukan pengobatan lain selain obat kimia yang memiliki efek samping. Maka secara aman anda bisa memilih herbal dari bahan tunggal yang dikenal sebagai pencegah dan pengobatanhttp://hli.or.id/produk-kapsul-murni-bahan-tunggal/kapsul-sidaguri-solusi-asam-urat-tinggi-gout/ asam urat tinggi seperti sidaguri.

kapsul sidaguri