Prostatitis – Radang Prostat Pencegahan dan Pengobatannya

Radang prostatProstat adalah salah satu alat reproduksi pria yang sangat penting karena tugasnya memproduksi semen atau air mani. Cairan semen adalah nutrisi bagi sperma dan sekaligus media yang akan mengantar sperma keluar dari penis saat ejakulasi terjadi. Posisi prostat terletak persis di bawah kandung kemih. Dimana prostat ini memiliki kelenjar prostat, sebuah kelenjar kecil yang hanya dimiliki kaum pria, terletak di antara penis dan kandung kemih dan mengelilingi uretra (saluran yang membawa urin dari kandung kemih ke penis).

Fungsi utama kelenjar prostat adalah untuk memproduksi semen (air mani) yang berisi nutrisi sekaligus alat transpor bagi sperma keluar dari tubuh.

Menjaga dan mengobati kelenjar prostat bagi pria sangatlah penting sebab jika tidak terobati akan menimbulkan masalah lain yaitu menghambat aliran urin dari kandung kemih dan pada akhirnya menimbulkan masalah pada kandung kemih, saluran urin dan ginjal.

Secara medis ada 3 masalah yang ditemukan pada prostat yaitu pembesaran prostat, peradangan pada kelenjar prostat (prostatitis), dan kanker prostat.

Secara medis, peradangan pada kelenjar prostat (prostatitis) adalah merupakan peradangan yang terjadi pada kelenjar prostat. Peradangan ini juga menyebabkan infeksi pada prostat tersebut juga dapat menyebar ke skrotum (kantong zakar). Bila sudah demikian, maka skrotum akan membengkak, memerah, terasa nyeri hebat yang berpotensi menyebabkan impotensi.

Potensi masalah medis radang prostat kronis sekitar 30%- 50%, dantaranya pasien berusia 20-40 ada sekitar 50%-80%. Prostatitis tidak meningkatkan risiko terjadinya kanker prostat. Pada kebanyakan laki-laki, prostatitis tidak mengganggu kehidupan seksual dan juga tidak menular kepada pasangannya. Prostatitis sebenarnya tidak secara langsung berhubungan dengan disfungsi ereksi, tetapi kelainan ini memang menimbulkan gejala-gejala yang dapat mengganggu kehidupan seksual seseorang. Gejala-gejala itu antara lain hilangnya gairah sex (libido) karena rasa sakit sekitar penis dan testis, rasa sakit pada saat ejakulasi dan haemospermia yakni terdapat darah dalam cairan ejakulasi.

Tipe-tipe prostatitis :

1. Prostatitis bakteri akut (Acute bacterial prostatitis)

Acute bacterial prostatitis adalah infeksi dari prostate yang seringkali disebabkan oleh beberapa dari bakteri-bakteri yang sama yang menyebabkan infeksi-infeksi kantong kemih. Ini termasuk E. coli, Klebsiella, dan Proteus.

2. Prostatitis bakteri kronis (Chronic bacterial prostatitis)

Chronic bacterial prostatitis adalah penyakit yang tidak umum dimana ada infeksi bakteri yang sedang berjalan dalam prostate.

3. Prostatitis kronis tanpa infeksi (Chronic prostatitis without infection)

Kondisi dimana ada kekambuhan nyeri pelvis, testicle, atau rectal tanpa bukti dari infeksi kantong kemih.

Penyebab

Belum diketahui penyebab sebenarnya dari prostatitis tetapi kadang merupakan penyebaran infeksi bakteri dari saluran kemih. Selain itu, prostatitis bisa juga disebabkan infeksi jamur, protozoa, dan virus. Penyebab dari prostatitis juga disebabkan oleh beberapa factor sebagai berikut :

  • Kemacetan prostat: kemacetan salah satu penyebabnya, kemacetan pasif merupakan faktor patogen penting. Penyakit ini biasanya bukan karena infeksi atau mikroba patogen lainnya menyerang. Infeksi ini sangat
  • Stimulasi urin: Dalam urin mengandung banyak bahan kimia yang bersifat basa. Ketika gangguan saraf endokrin lokal meningkatnya tekanan dan uretra setelah pintu prostat rusak akan membuat rangsangan kimia seperti nyeri saat buang air ke kecil.
  • Gangguan pada system saraf : pada system saraf bagian prostat mengalami gangguan atau kemacetan pada saraf sehingga menyebabkan prostatitis.
  • Kekebalan tubuh yang rendah
  • Adanya cedera pada daerah prostat dan sekitarnya

Gejala

  • Radang Prostat Kronis: (gejala radang prostat kronis bervariasi,keparahan juga bervariasi,ada yang tidak ada gejala sema sekali, ada yang seluruh tubuh tidak nyaman).
  • Ketidaknyamanan pada buang air kecil: bisa muncul iritasi kandung kemih seperti sering buang air kecil,buang air kecil terasa nyeri serta radiasi ke kepala penis. Pagi hari buang air kecil akan ada sekresi mukosa, juga ada rasa susah buang air kecil.
  • Gejala local: ketidaknyamanan pada saluran kemih belakang,perineum. Jongkok,buang air besar serta duduk dikursi terlalu lama maka pembengkakan akan bertambah parah.
  • Nyeri peluruhan radioaktif:nyeri radang prostat kronis dan tidak hanya terbatas pada uretra dan perineum yang paling umum adalah nyeri pinggang.Selain itu,bisa berpengaruh pada penis, kordas permatika , testis skrotum,perut kecil,daerah ?groin(akar paha besar) dan rektum dll (perlu diketahui adalah radang prostat kronis yang menyebabkan sakit pinggang ada pada bagian perut bawah. Ortopedi menyebabkan nyeri punggung seperti radang myofascial, ketegangan otot, tapi sekitar belt akan lebih mudah menyebabkan radang prostat.
  • Disfungsi seksual: radang prostat kronis dapat menyebabkan penurunan libido dan sakit pada saat berejakulasi,ejakulasi dinidan mempengaruhi kualitas air mani,setelah buang air kecil atau buang air besar dapat muncul uretra putih,dan jika disertai radang vesikula seminalis maka bisa muncul sperma darah.
  • Demam, menggigil,  Merasa nyeri atau seperti terasa terbakar saat kencing(Disuria),  Kesulitan buang air kecil(dibbling),  terasa panas saat buang air kecil dan ejakulasi,  Sering buang air kecil terutama pada malam hari (Nokturia),  Merasa nyeri di bagian perut, paha atau bagian punggung bawah, Rasa nyeri dibagian Perineum,antara skrotum dan rektrum,  Rasa tidak nyaman pada penis dan testis, Rasa sakit saat orgasme atau ejakulasi,  Seperti sedang flu(jika penyebabnya adalah bakteri prostatitis),  disfungsi seksual, gejala lain: radang prostat kronis disertai penyakit psychasthenia. Gejalanya adalah terjadinya kelelahan,pusing,susah tidur. Menderita radang prostat jangka panjang dapat menyebabkan reaksi metamorphosis pada tubuh,radang konjungtiva dan radang sendi.

Faktor resiko

Beberapa faktor resikonya meliputi:

  •  Faktor genetik dan hormon
  •  Lebih dari 80 persen kasus kanker prostat ditemui pada pria di atas usia 65 tahun
  • Kebiasaan makan yang buruk dan kurangnya aktivitas fisik
  • Gaya hidup
  • Perokok atau sering menghirup asap rokok
  • Tekanan emosi (Stress)
  • Tipe berat badan yang mengganggu prostat adalah tipe bentuk tubuh membesar di bagian pinggang dengan perut buncit seperti apel
  • Penderita diabetes melitus

Pencegahan

Pencegahan sebaiknya tidak hanya dilakukan oleh para pria yang memiliki resiko melainkan semua pria. Berikut beberapa tips pencegahan gangguan prostat:

  • Konsumsi banyak sayuran dan buah, kurangi makanan berlemak, hindari rokok dan alkohol, konsumsi makanan/minuman yang mengandung antioksidan dan omega-3. Omega 3 dapat ditemukan pada Ikan salmon, mackerel, tuna dan herring. Kerang, padi-padian, biji-bijian, bekatul, susu, dan polong-polongan mengandung mineral seng yang juga sangat baik untuk penderita gangguan prostat.
  • Menjalankan gaya hidup sehat
  • Olahraga rutin

Pengobatan Radang Prostat

Secara medis pada pengobatan radang prostat akan dilakukan terlebih dulu pemeriksaan rektal (anus) dan urin untuk mengetahui penyebabnya. Pada pemeriksaan rektal, menggunakanbtangan dengan menggunakan handscoon (sarung tangan medis) berpelumas, lalu jari akan dimasukan ke dalam anus untuk merasakan bagian belakang kelenjar prostat Anda. Biasanya pemeriksaan ini akan terasa nyeri bila pasiennya adalah penderita prostat, tapi hal ini tidak menyebabkan kerusakan atau nyeri berkepanjangan. Selain itu, juga akan melakukan pemeriksaan USG transrectal untuk melihat kelenjar prostat lebih jelas.

Jika diagnosis tepat maka maka secara umum Antibiotik akan digunakan untuk mengobati prostatitis yang disebabkan infeksi. Mungkin penderita harus minum antibiotik dalam jangka waktu yang lama, misalnya beberapa minggu atau beberapa bulan. Jika prostatitis sudah parah, penderita mungkin perlu dirawat di rumah sakit untuk mendapatkan pengobatan dengan cairan dan antibiotik.

Prostatis bisa diobati dengan herbal

Konsumsi 3 (tiga) jenis herbal yang dikonsumsi bersamaan mampu mencegah dan mengobati prostatis, herbal tersebut diantaranya adalah daun sendok + kumis kucing + daun dewa.

Radabg prostat

Manfaat Lain Konsumsi Herbal

Daun Sendok

Daun sendok dikenal dengan nama Plantago mayor., sering juga disebut Plantago asiatika L. atau Plantagodepressa Willd sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia karena memiliki kandungan kimia seperti: plantagin, aucubin, ursolic acid, bethasitosterol, hentria-contane dan plantaglucide yang terdiri dari methyl d-galacturonate, D-3galactose, L-arabinose dan L-rhammose. Vitamin B1, C, A dan kalium. Rhinantin, turunan dari naphazolin sebagaiandrenergik agent, menghilangkan nyeri urat. Biji : planterolic acid,plantasan (dengan komposisi xylose, arabinose, galacturonic acid dan rhammose), protein adenine, choline, catalpol, dan asamlemak; palmitic acid, succinic acid, stearic acid, arachidic acid, linolenicacid dan lenoleic acid.

Banyaknya kandungan senyawa kimia maka dengan konsumsi daun sendok akan mampu mencegah dan mengobati: Gangguan saluran air kemih, Air kemih berdarah, Keputihan, Disentripanas, Disentribasiler, Diare, Gangguan pencernaka, Mimisan, Batuk sesak, batuk darah, Radang saluran napas (bronchitis), Kencing manis, Sakit kuning (Acute icteric hepatitis), Obat kuat laki-laki, Radang selaput mata, Nyeriurat/otot, dan Batu empedu.

Kumis Kucing

Kumis kucing merupakan tanaman asli Indonesia. Tanaman ini tergolong tanaman dari keluarga Lamiaceae/Labiatae yang memiliki nama ilmiah Orthosiphon aristatus. Sebagai tanaman obat, kumis kucing memiliki kandungan senyawa kimia diantaranya orthosiphonin glikosida, minyak atsiri, saponin, garam kalium, zat samak, minyak lemak, sapofonin, mioinositol, dan sinensetin.

Dari kandungan kimia yang ada pada kumis kucing, maka konsumsi kumis kucing dapat mencegah dan mengobati Memperlancar pengeluaran air kemih, Rematik, batuk, Masuk angin, Asam urat, Keputihan, kencing batu, sembelit, Diabetes, sakit pinggang, hipertensi, Sipilis, albuminuria, Radang ginjal, gatal karena alergi.

Daun Dewa

Tanaman daun dewa mengandung berbagai unsur kimia, antara lain saponin, flavonoid, minyak atsiri, dan antikoagulan dengan sifat kimiawi Antikolesterol, antipiretik, hipotensif, hipoglikemik dan antiinflamasi. Anti koagulan, stimulasi sirkulasi, mencairkan bekuan darah, menghentikan perdarahan. Membersihkan racun dan menghilangkan panas.

Dengan kandungan teraebut konsumsi daun dewa akan mencegah dan mengobati stroke, Rematik, Kencing manis, Perdarahan dan payudara membengkak, Jantung