SGOT-SGPT Tinggi Atasi Dengan Herbal, Fakta dan Nyata Dari Hasil Kesaksian

APA ITU SGOT-SGPT

SGOT adalah enzim yang dihasilkan secara alami oleh tubuh dan berada pada beberapa organ, dan SGPT (Serum Glutamic Pyruvate Transaminase atau disebut juga dengan ALT -alanin aminotransferase), dimana keduanya adalah enzim yang dihasilkan secara alami oleh tubuh dan organ yang berada di hati, jantung, ginjal, otot tubuh, hingga otak.

Kedua jenis enzim ini kerap kali dianggap sebagai enzim hati, sehingga jika kadarnya tinggi di dalam tubuh, dicurigai terdapat gangguan fungsi hati.

Namun demikian SGOT-SGPT tinggi bukan hanya karena kerusakan hati bisa jadi sebab lain yaitu kerusakan jantung, ginjal, otot tubuh, hingga otak. Karena ketika organ mengalami kerusakan, maka enzim ini akan keluar dari sel organ tersebut lalu masuk ke pembuluh darah sehingga menjadikan SGOT-SGPT tinggi.

SGOT-SGPT AKIBAT GANGGUAN FUNGSI HATI

Bila memang hasi pemeriksaan SGOT dan SGPT tinggi akibat gangguan fungsi hati, maka ada beberapa pemeriksaan darah yang juga tidak akan normal. Maka itu, biasanya tenaga media akan menganjurkan pemeriksaan darah lain seperti:

  • Bilirubin
  • Alkaline fosfatase
  • Albumin

Biasanya bila Anda memiliki fungsi hati yang terganggu, maka hasil pemeriksaan tersebut akan menunjukkan angka yang lebih tinggi dari angka normal. Selain itu, gangguan fungsi hati juga akan menimbulkan beberapa gejala umum seperti:

  • Cepat lelah
  • Penurunan berat badan yang drastis
  • Kulit dan mata berubah menjadi berwarna kuning
  • Bengkak pada beberapa bagian tubuh, seperti perut dan mata
  • Urine mengalami perubahan warna dan menjadi lebih pekat
  • Mual dan muntah
  • Diare
  • Sakit pada bagian perut

Apabila Anda juga mengalami beberapa gejala tersebut, maka kemungkinan besar ada masalah pada organ hati Anda

TINDAKAN MEDIS YANG DIPERLUKAN

Ketika anda sudah terdiagnosis memiliki SGOT dan Sgpt tinggi biasanya ahli medis akan memberikan obat hepamak untuk menurunkan Sgot dan SGPT. Disertai saran-saran

1. Hindari makan makanan berlemak

Sebenarnya, salah satu penyebab SGOT dan SGPT tinggi adalah karena makanan berlemak yang sering Anda makan. Ya, enzim ini terdapat di dalam hati dan memiliki fungsi utama untuk memecah lemak di dalam tubuh. Ketika lemak yang masuk terlalu banyak, maka lama-kelamaan organ hati sudah tidak sanggup untuk mengolahnya, sehingga muncul kerusakan pada sel hati.

Sebagai ganti makanan berlemah bisa konsumsi makanan yang mengandung banyak serat, seperti sayur dan buah.

2. Jangan minum yang bisa menimbulkan racun bagi tubuh

Alkohol adalah penyebab utama dari rusaknya hati yang kemudian membuat SGOT dan SGPT Anda melonjak. Maka hentikan minum alkohol,

3. Hentikan konsumsi obat-obatan yang berlebihan

Sama seperti alkohol, zat obat yang masuk ke dalam tubuh akan diolah langsung oleh hati karena dianggap sebagai racun – meskipun bisa meredakan penyakit Anda. Beberapa obat sintensis yang dapat merusak hati. Jjika dikonsumsi sembarangan dan berlebihan, sehingga menambah beban kerja hati dan akhirnya kadar kedua enzim ini pun meningkat. Jadi, sebaiknya konsultasikan semua obat yang akan Anda konsumsi pada dokter dan patuhi aturan minumnya.

4. Hindari makanan tinggi gula

Faktanya, tidak hanya makanan berlemak saja yang bisa bikin kadar lemak dalam tubuh meningkat, tapi juga makanan berkalori tinggi seperti makanan manis. Semua makanan manis ini akan diolah menjadi glukosa dalam tubuh yang biasanya digunakan sebagai bahan energi.

Akan tetapi, jika terlalu banyak tumpukan glukosa, maka glukosa yang tak terpakai akan disimpan oleh tubuh menjadi cadangan lemak tubuh. Nah, saat lemak semakin banyak, maka fungsi hati akan terganggu. Jadi, sebaiknya hindari semua makanan manis itu mulai sekarang.

5. Rutin olahraga

Selain menjaga pola makan sehat, rajin-rajinlah berolahraga untuk menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan ideal. Ini adalah salah satu upaya agar SGOT dan SGPT Anda kembali normal.

Olahraga sebaiknya dilakukan setiap hari selama 30 menit. Anda bisa mulai dari olahraga yang sederhana dulu, seperti berjalan atau jogging di area rumah Anda. Dengan begitu, tumpukan lemak di tubuh juga terbakar.

PENGALAMAN NYATA MEMPERCEPAT MENURUNKAN SGOT DAN SGPT

Konsumsi tanaman akar daruju dan Temu Lawak dan kelor ternyata dapat mempercepat menurunkan SGIT dan SGPT yang tinggi.

Pengalaman ini dialami oleh ibu Ratna yang sempat WA ke kami, dengan konsumsi Akar Daruju dan Temu Lawak Sgot dan Sgptnya dalam beberapa minggu mendekati normal.